Hakikat Asas Hukum Islam
14 minute read
Hakikat Asas Hukum Islam
Artikel Ini adalah bentuk resume atau bisa juga dikatakan tugas yang diberikan pada mata kuliah Filsafat Islam, dalam kasus ini, disini saya akan membedah secara komprehensif mengenai Hakikat Asas-Asas Hukum islam.
A. Latar Belakang
Setiap rumah pasti memiliki pndasi agar rumah itu
tetpa bias berdiri dan disebut rumah, namun jika pndasi rumah tersebut runtuh
ataupun rusak, niscaya rumah tersebut tidak bias disebut rumah yang sempurna
lagi.
Hukum islam dan juga hukum hukum lainya dapat
dikatakan seperti rumah, semua aspek harus saling mendukung agar hukum tersebut
dapat terus memenuhi maksut adanya. Setiap bangunan rumah “hukum” mestinya
memiliki tiang atau pndasi untuk menjaga eksistensi hukum tersebut.
Pndasi dalam hukum islam terletak pada
asas-asasnya, asas inilah yang merupakan kekuatan suatu hukum, sukar mudahnya,
hidup matinya, dapat diterima atau ditlak masyarakat tergantung kepada asas dan
tiang pkknya,[1]
Asas dapat dimaknai sebagai prinsip, bias juga
dimaknai sebagai dasar pelatakan,[2]
sebagai prinsip memiliki maksut peraturan-peraturan yang muncul yang merupakan
prduk hukum dari suatu system tersebut, tidaklah bleh terlepas dari prinsip
atau asas-asas dasarnya. Sebagai dasar peletakan memiliki makna yang hamper
sama dengan asas sebagai prinsip, namun sebagai dasar peletakan lebih
menekankan pada penspesifikasian bahwa prduk hukum tidak bleh samasekali
meninggalkan atu bertentangan dengan asas yang sudah dibangun sejak awal.
Tak berbeda dengan hukum kebanyakan hukum islam
juga memiliki asas-asas sebagi pndasi dalam membuat prduk-prduk hukum.
Asas-asas dalam hukum islam semuanya sudah termuat dalam Al-qur’an dan
As-Sunnah. Mulai dari asas-asas dalam beribadah, muamalah ataupun munakahat.
Sehingga sudah barang tentu, mempelajari asas-asas hukum sangatlah penting
untuk mendalami hukum islam.
A.
Pengertian
Asas hukum islam
Asas
adalah suatu kebenaran yang menjadi tumpuan berpikir atau berpendapat. Selain
itu, juga berarti alas atau landasan.[3] Sehingga
dapat dikatakan asas berarti bukti untuk menguatkan suatu keterangan. Oleh
karena itu, bila kata asas dihubungkan dengan kata hukum sehingga menjadi asas
hukum berarti kebenaran yang dipergunakan sebagai tumpuan berpikir dan alasan
dalam mengemukakan suatu argumentasi, terutama dalam penegakan dan pelaksanaan
hukum. Hal ini berfungsi sebagai rujukan untuk mengembalikan segala masalah
yang berkenaan dengan hukum.
Asas
hukum islam berasal dari Al-Qur’an dan Sunnah nabi Muhammad SAW baik yang
bersifat rinci maupun yang bersifat umum. Sifat asas hukum yang disebutkan
terakhir itu dikembangkan oleh akal pikiran manusia yang memenuhi syarat untuk
itu.
B. Pembagian Asas Hukum Islam
Dalam menjelaskan asas hukum islam kami mencba
membaginya menjadi bebrapa bagian, antara lain:
1. Asas umum
Asas umum hukum islam adalah asas hukum yang
meliputi semua bidang dan lapangan hukum islam.[4]
Sehingga yang disebut asas umum ini berlaku untuk semua prduk hukum islam.
a. Asas Keadilan
Keadailan mengandung unsur penilaian atau
pertimbangan, yang karena itu sering dilambangkan dengan neraca keadilan. Dapat
dikatakan bahwa keadilan itu menuntut bahwa dalam keadaan yang sama tiap rang
harus menerima bagian yang sama pula.[5]
Asas
keadilan merupakan asas yang sangat penting dalam menjamin terpenuhinya
tujuan-tujuan hukum islam. Demikian pentingnya, didalam Al Qur’an kedudukan dan
fungsi kata keadilan disebut lebih dari 1000 kali, terbanyak setelah perkataan Allah
dan ilmu pengetahuan. Banyak ayat yang menyuruh manusia berlaku adil dan menegakkan
keadilan. Dalam surat shad ayat 26 Allah SWT berfirman:
يَٰدَاوُۥدُ إِنَّا
جَعَلۡنَٰكَ خَلِيفَةٗ فِي ٱلۡأَرۡضِ فَٱحۡكُم بَيۡنَ ٱلنَّاسِ بِٱلۡحَقِّ وَلَا
تَتَّبِعِ ٱلۡهَوَىٰ فَيُضِلَّكَ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَضِلُّونَ
عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ لَهُمۡ عَذَابٞ شَدِيدُۢ بِمَا نَسُواْ يَوۡمَ ٱلۡحِسَابِ ٢٦
Artinya: “Hai Daud, sesungguhnya Kami menjadikan kamu khalifah
(penguasa) di muka bumi, maka berilah keputusan (perkara) di antara manusia
dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan
kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat darin jalan Allah
akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan”
Dalam ayat diatas, Allah memerintahkan khlifah dibumi,
yang mana itu adalah kita semua, dalam menegakkan hukum dan menyelenggarakan
hukum harus sebaik-baiknya serta berlaku
adil terhadap semua manusia. Dalam surat yang lain Allah kembali lagi
mengingatkan kepada kita dalam meneggakkan hukum-hukum Allahm harus
seadil-adilnya, kendatipun ada tekanan, ancaman atau rayuan dalam apapun juga.
Didalam ayat itu juga diingatkan penegak hukum agar kebenciannya terhadap
seseorang atau sesuatu golongan tidak menyebabkan ia tidak berlaku adil dalam
penyelenggaraan hukum, dalam artian kita harus byektif dakam memandang sesuatu
itu. Hal ini terdapat dalam firmanya surat al maidah ayat 8
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ
ءَامَنُواْ كُونُواْ قَوَّٰمِينَ لِلَّهِ شُهَدَآءَ بِٱلۡقِسۡطِۖ وَلَا
يَجۡرِمَنَّكُمۡ شَنََٔانُ قَوۡمٍ عَلَىٰٓ أَلَّا تَعۡدِلُواْۚ ٱعۡدِلُواْ هُوَ
أَقۡرَبُ لِلتَّقۡوَىٰۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا
تَعۡمَلُونَ ٨
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi
orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi
dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum,
mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih
dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha
Mengetahui apa yang kamu kerjakan”
b. Asas Kepastian Hukum
Asas kepastian hukum, antara lain disebut secara
umum dalam kalimat terakhir surat bani israil ayat 15 yang artinya
“…. Dan tidaklah kami menjatuhkan hukuman, kecuali
setelah kami mengutus seorang rasul untuk menjelaskan aturan dan ancaman
hukuman itu….”. selanjutnya dalam surat al maidah ayat 95
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ
ءَامَنُواْ لَا تَقۡتُلُواْ ٱلصَّيۡدَ وَأَنتُمۡ حُرُمٞۚ وَمَن قَتَلَهُۥ مِنكُم
مُّتَعَمِّدٗا فَجَزَآءٞ مِّثۡلُ مَا قَتَلَ مِنَ ٱلنَّعَمِ يَحۡكُمُ بِهِۦ ذَوَا
عَدۡلٖ مِّنكُمۡ هَدۡيَۢا بَٰلِغَ ٱلۡكَعۡبَةِ أَوۡ كَفَّٰرَةٞ طَعَامُ مَسَٰكِينَ
أَوۡ عَدۡلُ ذَٰلِكَ صِيَامٗا لِّيَذُوقَ وَبَالَ أَمۡرِهِۦۗ عَفَا ٱللَّهُ عَمَّا
سَلَفَۚ وَمَنۡ عَادَ فَيَنتَقِمُ ٱللَّهُ مِنۡهُۚ وَٱللَّهُ عَزِيزٞ ذُو ٱنتِقَامٍ
٩٥
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu membunuh
binatang buruan, ketika kamu sedang ihram. Barangsiapa di antara kamu
membunuhnya dengan sengaja, maka dendanya ialah mengganti dengan binatang ternak
seimbang dengan buruan yang dibunuhnya, menurut putusan dua orang yang adil di
antara kamu sebagai had-yad yang dibawa sampai ke Ka´bah atau (dendanya)
membayar kaffarat dengan memberi makan orang-orang miskin atau berpuasa
seimbang dengan makanan yang dikeluarkan itu, supaya dia merasakan akibat buruk
dari perbuatannya. Allah telah memaafkan apa yang telah lalu. Dan barangsiapa
yang kembali mengerjakannya, niscaya Allah akan menyiksanya. Allah Maha Kuasa
lagi mempunyai (kekuasaan untuk) menyiksa”
Dari dua surat diatas, terdapat penegasan ilahi
yang menyatakan bahwa Allah memaafkan apa yang terjadi di masa lalu. Dari kedua
bagian ayat-ayat tersebut disimpulkan asas kepastian hukum yang menyatakan
bahwa tidak ada satupun perbuatan pun dapat dihukum kecuali atas kekuatan
ketentuan hukum atau perundang-undangan yang ada dan berlaku untuk perbuatan
itu.asas ini sangat penting dalam ajaran hukum islam.[6]
c. Asas Kemanfaatan
Asas kemanfaatan adalah asas yang menyertai asas
keadilan dan asas kepastian hukum. Dalam melaksanakan asas keadilan dan
kepastian hukum seyogiannya dipertimbangkan asas kemanfaatanya, baik kepada
yang bersangkutan sendiri maupun kepada kepentingan masyarakat. Dalam
menerapkan ancaman hukuman mati kepada seseorang yang telah melakukan pembunuhan,
misalnya, dapat dipertimbangkan kemanfaatan penjatuhan hukuman kepada terdakwa
sendiri dan masyarakat. Kalau hukuman mati yang akan dijatuhkan lebih
bermanfaat kepada kepentingan masyarakat, hukuman itulah yang dijatuhkan. asas
dimaksud, diantaranya disebut firman al baqoroh ayat 178.
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ
ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلۡقِصَاصُ فِي ٱلۡقَتۡلَىۖ ٱلۡحُرُّ بِٱلۡحُرِّ وَٱلۡعَبۡدُ
بِٱلۡعَبۡدِ وَٱلۡأُنثَىٰ بِٱلۡأُنثَىٰۚ فَمَنۡ عُفِيَ لَهُۥ مِنۡ أَخِيهِ شَيۡءٞ
فَٱتِّبَاعُۢ بِٱلۡمَعۡرُوفِ وَأَدَآءٌ إِلَيۡهِ بِإِحۡسَٰنٖۗ ذَٰلِكَ تَخۡفِيفٞ
مِّن رَّبِّكُمۡ وَرَحۡمَةٞۗ فَمَنِ ٱعۡتَدَىٰ بَعۡدَ ذَٰلِكَ فَلَهُۥ عَذَابٌ
أَلِيمٞ ١٧٨
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu
qishaash berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh; orang merdeka dengan orang
merdeka, hamba dengan hamba, dan wanita dengan wanita. Maka barangsiapa yang
mendapat suatu pemaafan dari saudaranya, hendaklah (yang memaafkan) mengikuti
dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi maaf) membayar (diat) kepada
yang memberi maaf dengan cara yang baik (pula). Yang demikian itu adalah suatu
keringanan dari Tuhan kamu dan suatu rahmat. Barangsiapa yang melampaui batas
sesudah itu, maka baginya siksa yang sangat pedih”
2. Asas hukum pidana
Asas hukum pidana islam adalah asas-asas hukum yang
mendasari pelaksanaan hukum pidana islam, diantaranya sebagai berikut.
a. Asas legalitas
Asas legalitas adalah asas yang menyatakan bahwa
tidak ada pelanggaran dan tidak ada hukuman sebelum ada undang- undang yang
mengaturnya. Asas ini berdasarkan al qur’an surat Al- israa’ ayat 15
مَّنِ ٱهۡتَدَىٰ فَإِنَّمَا
يَهۡتَدِي لِنَفۡسِهِۦۖ وَمَن ضَلَّ فَإِنَّمَا يَضِلُّ عَلَيۡهَاۚ وَلَا تَزِرُ
وَازِرَةٞ وِزۡرَ أُخۡرَىٰۗ وَمَا كُنَّا مُعَذِّبِينَ حَتَّىٰ نَبۡعَثَ رَسُولٗا
١٥
Artinya: “Barangsiapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah),
maka sesungguhnya dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan
barangsiapa yang sesat maka sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya
sendiri. Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami
tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul”
Kedua ayat itu berasaskan bahwa al qur’an
diturunkan oleh Allah kepada nabi Muhammad saw. Supaya menjadi peringatan
(dalam bentuk aturan dan ancaman hukuman ) kepadamu. Asas legalitas ini telah
ada dalam hukum islam sejak al qur’an diturunkan oleh Allah SWT kepada nabi
Muhammad SAW.
b. Asas Larangan Memindahkan Kesalahan
Kepada Orang Lain
Asas ini adalah asas yang menyatakan bahwa setiap
perbuatan manusia, baik perbuatan yang baik maupun perbuatan yang jahat akan
mendapatkan imbalan yang setimpal. Asas ini terdapat dalam berbagai surah dan
ayat didalam al-qur’an. Sebagai contoh pada ayat 38 surah Al Muddatsir
كُلُّ
نَفۡسِۢ بِمَا كَسَبَتۡ رَهِينَةٌ ٣٨
Artinya: “Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah
diperbuatnya”
Dalam ayat ini Allah menyatakan bahwa setiap orang
terikat kepada apa yang dia kerjakan, dan setiap orang tidak akan memikul dosa
atau kesalahan yang dibuat oleh orang lain.
c. Asas Praduga Tak Bersalah
Asas praduga tak bersalah adalah asas yang
mendasari bahwa seseorang yang dituduh melakukan suatu kejahatan harus dianggap
tidak bersalah sebelum hakim dengan bukti-bukti yang menyakinkan menyatakan
dengan tegas kesalahannya. Asas ini diambil dari ayat Al Qur’an yang menjadi
sumber asas legalitas dan asas larangan memindahkan kesalahan orang lain yang
telah disebutkan.
3 Asas hukum perdata
Asas hukum perdata islam adalah asas-asas hukum
yang mendasar pelaksanaan hukum perdata islam, diantaranya : Asas kekeluargaan,
asas kebolehan, asas kebajikan, asas kemaslhatan hidup, asas kebebasan dan
kesukarelaan, asas menolah mudhorot, mengambil manfaat, asas adil dan
berimbang, asas mendahulukan kewajiban dan hak, asas larangan merugikan diri
sendiri dan orang lain, asas kemampuan berbuat, asas kebebasan berusaha, asas
mendapatkan hak karena usaha dan jasa, asas perlindungan hak, asas hak milik
berfungsi sosial,pada benda atau harta, tidak pada tenaga atau pekerja, asas
mengatur sebagai petunjuk, asas perjanjian tertulis atau diucapkan di depan
saksi.
Asas-asas hukum bidang keperdataan islam yang telah
disebutkan di atas hanya dijelaskan beberapa diantaranya sebagai berikut.
a. Asas kekeluargaan
Asas keluargaan adalah asas hubungan hukum perdata
yang disandarkan pada hormat-menghormati, kasih-mengasihi, serta
tolong-menolong dalam mencapai kebaikan. Asas ini berdasarkan surah al- maidah
ayat 2
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ
ءَامَنُواْ لَا تُحِلُّواْ شَعَٰٓئِرَ ٱللَّهِ وَلَا ٱلشَّهۡرَ ٱلۡحَرَامَ وَلَا ٱلۡهَدۡيَ
وَلَا ٱلۡقَلَٰٓئِدَ وَلَآ ءَآمِّينَ ٱلۡبَيۡتَ ٱلۡحَرَامَ يَبۡتَغُونَ فَضۡلٗا
مِّن رَّبِّهِمۡ وَرِضۡوَٰنٗاۚ وَإِذَا حَلَلۡتُمۡ فَٱصۡطَادُواْۚ وَلَا
يَجۡرِمَنَّكُمۡ شَنََٔانُ قَوۡمٍ أَن صَدُّوكُمۡ عَنِ ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ
أَن تَعۡتَدُواْۘ وَتَعَاوَنُواْ عَلَى ٱلۡبِرِّ وَٱلتَّقۡوَىٰۖ وَلَا
تَعَاوَنُواْ عَلَى ٱلۡإِثۡمِ وَٱلۡعُدۡوَٰنِۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۖ إِنَّ ٱللَّهَ
شَدِيدُ ٱلۡعِقَابِ ٢
2. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi´ar-syi´ar
Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu)
binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula)
mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia
dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji,
maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada sesuatu
kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu
berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan)
kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan
pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat
siksa-Nya
b. Asas Kebolehan Atau Mubah
Asas kebolehan atau mubah adalah asas yang
membolehkan melakukan semua kegiatan hubungan perdata sepanjang tidak ada
larangan, baik di dalam al-qur’an maupun didalam hadist. Asas ini berdasarkan
al-qur’an surah al baqarah ayat 185 dan 286.
شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ
أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ
فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهۡرَ فَلۡيَصُمۡهُۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوۡ عَلَىٰ
سَفَرٖ فَعِدَّةٞ مِّنۡ أَيَّامٍ أُخَرَۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلۡيُسۡرَ
وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلۡعُسۡرَ وَلِتُكۡمِلُواْ ٱلۡعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ ٱللَّهَ
عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمۡ وَلَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ ١٨٥
Artinya: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan,
bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi
manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara
yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di
negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan
itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka
(wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada
hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki
kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu
mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu
bersyukur”
لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ
نَفۡسًا إِلَّا وُسۡعَهَاۚ لَهَا مَا كَسَبَتۡ وَعَلَيۡهَا مَا ٱكۡتَسَبَتۡۗ
رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذۡنَآ إِن نَّسِينَآ أَوۡ أَخۡطَأۡنَاۚ رَبَّنَا وَلَا
تَحۡمِلۡ عَلَيۡنَآ إِصۡرٗا كَمَا حَمَلۡتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِنَاۚ
رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلۡنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦۖ وَٱعۡفُ عَنَّا وَٱغۡفِرۡ
لَنَا وَٱرۡحَمۡنَآۚ أَنتَ مَوۡلَىٰنَا فَٱنصُرۡنَا عَلَى ٱلۡقَوۡمِ ٱلۡكَٰفِرِينَ
٢٨٦
Artinya: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan
kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia
mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya
Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya
Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana
Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah
Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah
kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah
kami terhadap kaum yang kafir"
c. Asas Kemaslahatan Hidup
Asas kemaslahatan hidup adalah asas yang mendasari
segala sesuatu pekerjaan yang mendatangkan kebaikan, berguna, bermanfaat kepada
kehidupan pribadi manusia dan kehidupan sosial bermasyarakat.[7]
4 Asas- asas hukum perkawinan
Dalam ikatan perkawinan sebagai salah satu bentuk
perjanjian suci antara seorang pria dan wanita, yang mempunyai segi-segi
perdata, berlaku beberapa asas diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Asas kesukarelaan
Merupakan asas terpenting perkawinan islam.
Kesukarelaan itu tidak hanya harus terdapat antara kedua calon suami istri,
tetapi juga antara kedua orang tua kedua belah pihak. Kesukarelaan orang tua
yang menjadi wali seorang wanita merupakan sendi asasi perkawinan islam.
2. Asas persetujuan
Asas persetujuan kedua belah pihak merupakan
konsekuensi logis asas pertama tadi. Ini berarti bahwa tidak boleh ada paksaan
dalam melangsungkan perkawinan. Persetujuan seorang gadis untuk dinikahkan
dengan seorang pemuda, misalnya harus diminta lebih dahulu oleh wali atau orang
tuanya.
3. Asas kebebasan memilih pasangan
Asas ini disebutkan juga di dalam sunnah nabi.
Diceritakan oleh ibnu abbas bahwa pada suatu ketika seorang gadis bernama
jariyah menghadap rasulullah dan menyatakan bahwa ia telah dikawinkan oleh
ayahnya dengan seseorang yang tidak disukainya. Setelah mendengar pengaduan
itu, nabi menegaskan bahwa jariyah dapat memilih untuk meneruskan perkawinan
dengan orang yang disukainya itu atau meminta supaya perkawinannya dibatalkan
untuk dapat memilih pasangan dan kawin dengan orang yang disukainya.
4. Asas kemitraan suami-istri
Asas kemitraan suami istri dengan tugas dan fungsi
yang berbeda karena perbedaan kodrat (sifat,asal dan pembawaan) disebut dalam
al qur’an surat an-nisa ayat 34 dan surat al baqarah ayat 187.
ٱلرِّجَالُ قَوَّٰمُونَ
عَلَى ٱلنِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بَعۡضَهُمۡ عَلَىٰ بَعۡضٖ وَبِمَآ
أَنفَقُواْ مِنۡ أَمۡوَٰلِهِمۡۚ فَٱلصَّٰلِحَٰتُ قَٰنِتَٰتٌ حَٰفِظَٰتٞ
لِّلۡغَيۡبِ بِمَا حَفِظَ ٱللَّهُۚ وَٱلَّٰتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ
فَعِظُوهُنَّ وَٱهۡجُرُوهُنَّ فِي ٱلۡمَضَاجِعِ وَٱضۡرِبُوهُنَّۖ فَإِنۡ
أَطَعۡنَكُمۡ فَلَا تَبۡغُواْ عَلَيۡهِنَّ سَبِيلًاۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلِيّٗا
كَبِيرٗا ٣٤
34. Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena
Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain
(wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta
mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi
memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara
(mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah
mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka.
Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk
menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar
أُحِلَّ لَكُمۡ لَيۡلَةَ ٱلصِّيَامِ
ٱلرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَآئِكُمۡۚ هُنَّ لِبَاسٞ لَّكُمۡ وَأَنتُمۡ لِبَاسٞ
لَّهُنَّۗ عَلِمَ ٱللَّهُ أَنَّكُمۡ كُنتُمۡ تَخۡتَانُونَ أَنفُسَكُمۡ فَتَابَ
عَلَيۡكُمۡ وَعَفَا عَنكُمۡۖ فَٱلۡـَٰٔنَ بَٰشِرُوهُنَّ وَٱبۡتَغُواْ مَا كَتَبَ ٱللَّهُ
لَكُمۡۚ وَكُلُواْ وَٱشۡرَبُواْ حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ ٱلۡخَيۡطُ ٱلۡأَبۡيَضُ
مِنَ ٱلۡخَيۡطِ ٱلۡأَسۡوَدِ مِنَ ٱلۡفَجۡرِۖ ثُمَّ أَتِمُّواْ ٱلصِّيَامَ إِلَى ٱلَّيۡلِۚ
وَلَا تُبَٰشِرُوهُنَّ وَأَنتُمۡ عَٰكِفُونَ فِي ٱلۡمَسَٰجِدِۗ تِلۡكَ حُدُودُ ٱللَّهِ
فَلَا تَقۡرَبُوهَاۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ ءَايَٰتِهِۦ لِلنَّاسِ
لَعَلَّهُمۡ يَتَّقُونَ ١٨٧
187. Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan
isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian
bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu,
karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang
campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan
makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu
fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi)
janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri´tikaf dalam mesjid. Itulah
larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan
ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa
Kemitraan ini menyebabkan kedudukan suami- istri
dalam beberapa hal sama, dalam hal yang lain berbeda: sumai menjadi kepala
keluarga, istri menjadi kepala dan penanggung jawab pengaturan rumah tangga.
5. Asas untuk selama- lamanya
Asas ini menunjukkan bahwa perkawinan dilaksanakan
untuk melangsungkan keturunan dan membina cinta serta kasih sayang selama hidup
karena asas ini pula maka perkawinan mut’ah yakni perkawinan sementara untuk
bersenang-senang selama waktu tertentu saja, seperti yang terdapat dalam
masyarakat arab jahiliyah dahulu dan beberapa waktu setelah islam, dilarang
oleh nabi Muhammad.
6. Asas monogami terbuka
Disimpulkan dalam surat an-nisa ayat 3 dan 129. Di
dalam ayat 3 dinyatakan bahwa seorang muslim dibolehkan atau boleh beristri
lebih seorang, asal memenuhi beberapa syarat tertentu, diantaranya adalah
syarat mampu berlaku adil terhadap semua wanita yang menjadi istrinya. Dan
dalam ayat 129 surat yang sama. Allah menyatakan bahwa manusia tidak mungkin
berlaku adil terhadap istri-istrinya walaupun ia ingin berbuat demikian. Oleh
karena ketidakmungkinan berlaku adil terhadap istri-istri itu maka Allah
menegaskan bahwa seorang laki- laki lebih baik kawin dengan seorang wanita
saja. Ini berarti bahwa beristi lebih dari seorang merupakan jalan darurat yang
baru boleh dilalui oleh seorang laki- laki muslim kalau terjadi bahaya, antara
lain, untuk menyelamatkan dirinya dari berbuat dosa, kalau istrinya misalnya
tidak mampu memenuhi kewajibannya sebagai istri.
5
Asas asas
hukum kewarisan
Asas hukum kewarisan islam dapat disalurkan dari
al-qur’an dan hadist, seperti yang disebutkan sebagai berikut.
1. Asas ijbari
Asas ijbari yang terdapat dalam hukum kewarisan
islam mengandung arti bahwa peralihan harta seorang yang meninggal dunia kepada
ahli warisnya berlaku dengan sendirinya menurut ketetapan Allah tanpa di
gantungkan kepada kehendak pewaris atau ahli waris.
2. Asas bilateral
Asas ini berarti bahwa seseorang menerima hak
kewarisan dari kedua belah pihak yaitu pihak kerabat keturunan laki- laki dan
dari pihak kerabat keturunan perempuan. Asas ini dapat dilihat dalam surat
an-nisa ayat 7,11,12 dan 176.
3. Asas individual
Asas ini menyatakan bahwa harta warisan dapat
dibagi-bagi pada masing- masing ahli waris untuk dimiliki secara perseorangan.
Dalam pelaksanannya seluruh harta warisan dinyatakan dalam nilai tertentu yang
kemudian dibagikan kepada setiap ahli waris yang berhak menerimanya menurut
kadar dan bagian masing- masing.
4. Asas keadilan yang berimbang
Asas ini mengandung arti bahwa harus senantiasa
terdapat keseimbangan antara hak dan kewajiban, antara hak yang diperoleh
seseorang dengan kewajiban yang harus ditunaikannya. Laki- laki dan perempuan
misalnya, mendapat hak yang sebanding dengan kewajiban yang dipikulnya masing-
masing dalam kehidupan berkeluarga dan masyrakat.
5. Asas yang menyatakan bahwa kewarisan ada
kalau ada yang meninggal dunia ini berarti bahwa kewarisan semata-mata sebagai
akibat kematian seseorang. Menurut ketentuan hukum kewarisan islam, peralihan
harta seseorang kepada orang lain yang disebut dengan nama kewarisan, terjadi
setelah orang yang mempunyai harta meninggal dunia.[8]
Demikian mungkin sedikit dari yang saya ketahui mengenai Asas-Asas dalam hukum islam,
[1]Prf. Dr. T.M. hasbi
Ash-Shiddieqy, falsafah hukum islam, (Jakarta:bulan bintang, 1975) hal.73
[2] Prof.Dr.H. Zainuddin ali,
M.A. hukum islam. (Jakarta: sinar grafika. 2006) hal 45
[3] Prof.Dr.H. Zainuddin ali,
M.A. hukum islam. (Jakarta: sinar grafika. 2006) hal 45
[4] Prof.Dr.H. Zainuddin ali,
M.A. hukum islam. (Jakarta: sinar grafika. 2006) hal 45
[5] Drs. C.S.T. Kansil S.H.
pengantar ilmu hukum dan tata hukum indnesia, (Jakarta:Balai Pustaka,1989) hal
41
[6] Prof.H.Muhammad Daud
Ali,S.H. Hukum islam ( Jakarta: PT.Raja grafindo persada. 1998) hal 117
[7] Prof.Dr.H. Zainuddin ali,
M.A. hukum islam. (Jakarta: sinar grafika. 2006) hal. 47-48
[8] Prof.H.Muhammad Daud
Ali,S.H. Hukum islam ( Jakarta: PT.Raja grafindo persada. 1998) hal. 126-130
Posting Komentar